Kenali Gejala Penyakit Maag

Mual, perih dan kembung adalah beberapa ciri-ciri penyakit maag yang umum dirasakan oleh penderita maag. Meskipun terlihat sepele namun gangguan-gangguan seperti ini sangat menyiksa bagi penderita. Penanganannya pun bisa dibilang serba salah, diisi makanan berasa begah, dibiarkanpun masih terasa mual dan kembung. Perlu penanganan yang tepat utuk mengurangi gangguan penyakit maag. Kenali gejala-gejala penyakit maag untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut adalah beberapa tanda anda memiliki masalah dengan lambung anda.

gejala penyakit maag

Gejala maag yang paling mudah dikenali adalah ketika anda merasakan nyeri pada perut bagian atas. Perut seperti terbakar entah itu di atas pusar, di perut bagian atas kiri atau tepat di bagian ulu hati. Pada beberapa kasus rasa sakit itu seringkali juga berpindah-pindah dari samping atau depan ke belakang. Rasa nyeri ini digambarkan penderitanya seperti ada sesuatu yang perlahan membakar sebagian dari bagian dalam perut mereka. Hal ini dapat mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan tidur dan sering kali begitu parahnya sehingga membuat sebagian orang merasa kehabisan napas dan sesak. Namun, sebagian orang lagi, hanya mengalami gejala yang rigan seperti terus menerus mengalami rasa tidak nyaman pada perut. Rasa sakit seperti ditusuk-tusuk dan diikuti dengan kram pada perut juga merupakan salah satu dari ciri-ciri penyakit maag yang paling banyak ditemui.

Gejala penyakit maag lainnya adalah merasakan mual pada mulut, air liur berasa keluar dengan sendirinya. Rasa mual bisa datang tiba-tiba dan mungkin bertahan untuk sementara waktu atau terkadang dalam waktu yang lebih lama diikuti dengan serangan muntah. Mual yang terkadang diikuti dengan muntah-muntah adalah salah satu dari ciri-ciri penyakit maag yang termasuk kronis, terutama jika disertai muntah darah. Penderita penyakit maag biasanya akan mulai merasa mual setelah makan atau saat terbangun di pagi hari.
Ciri-ciri penyakit maag lainnya adalah berubahnya warna tinja anda. Apabila ciri-ciri penyakit maag diatas juga diikuti dengan perubahan warna tinja anda menjadi hitam, bisa dipastikan penyakit maag yang diderita sudah cukup parah. Tinja yang berwarna hitam menunjukkan adanya darah di saluran pencernaan anda, dan itu adalah kondisi yang sangat berbahaya.

Ciri-ciri penyakit maag lainnya yang tergolong sangat umum antara lain adalah berkeringat tanpa sebab yang jelas (misalnya di ruangan dingin atau ber-AC), pingsan, denyut jantung menjadi lebih cepat, gangguan pencernaan dan cegukan. Kehilangan nafsu makan, terus menerus bersendawa juga merupakan salah satu dari ciri-ciri penyakit maag akut. Ketika mengalami kembung, bersendawa awalnya mungkin dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman pada perut. Namun kenyataanya, itu hanya untuk sementara. Beberapa saat kemudian, anda akan segera kembung lagi dan kembali terus-terusan bersendawa.

Ciri-ciri penyakit maag yang saya sebutkan diatas sering dianggap sepele yang membuat kebanyakan orang merasa tidak memerlukan perhatian medis dan mendapatkan pengobatan khusus. Apalagi, ada banyak penyakit lain yang juga menghasilkan gejala yang mirip atau serupa dengan ciri-ciri penyakit maag. Konsultasikan dengan pihak medis atau anda bisa membaca referensi lainnya terkait dengan penyakit maag. Jangan anggap sepele penyakit apapun karena ketika menjadi kronis akan lebih sulit penanganannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>