Hal Yang Dapat Menyebabkan Puting Payudara Luka

Mengenal Penyebab Puting Payudara Luka

Bunda, kamu tentu telah mengetahui tentang Luka Pada Puting Payudara Saat Menyusui. Tapi, apakah kamu telah mengetahui beragam hal yang akan menyebabkan terjadinya luka pada puting payudara? Nah, berikut ialah ulasan berkaitan penyebab luka pada payudara :

Hal Yang Dapat Menyebabkan Puting Payudara Luka

  • Shallow Latch

Shallow latch terjadi jika bayi kamu tak mendapatkan payudara yang cukup pada mulutnya maka ia menghisap puting. Hal inilah yang dapat menyebabkan nyeri pada puting yang kemudian menimbulakan luka pada puting payudara.

  • Luka Akibat Pompa Asi

Pemakaian pompa ASI yang salah juga dapat menyebabkan terjadinya luka pada puting payudara. Selain itu, ukuran pompa ASI yang kecil bisa membahayakan puting kamu. Usahakan untuk pilih pompa ASI yang baik serta perhatikan cara penggunaannya yang benar.

  • Sariawan pada Bayi

Bayi yang sedang menderita sariawan nyatanya bakal menularkan sariawannya pada puting kamu. Jamur yang terdapat pada sariawan dapat menempel pada puting dan bakal menyebabkan luka pada puting. Kalau kamu mendapatkan puting anda berwarna kemerahan, gatal, serta nyeri, maka segeralah kunjungi dokter kamu.

  • Lidah Bayi yang Terlalu Pendek

Jika kamu menderita luka pada payudara, maka dokter juga harus memeriksa keadaan mulut serta lidah bayi anda. Lantaran lidah bayi yang terlalu pendek juga ternya mampu menyebabkan luka pada payudara kamu.

  • Puting yang Tersumbat

Kulit tipis yang tumbuh di atas saluran ASI akan menyebabkan puting kamu tersumbat. Puting yang tersumbat dapat menyebabkan ASI tak bisa keluar maka menimbulkan luka pada puting. Kalau kamu menemukan suatu titik putih atau kekuningan, maka segeralah pergi ke dokter untuk menghilangkan kulit yang menyumbat tersebut.

  • Puting yang Melepuh

Riwayat herpes juga pemakaian beberapa salep saat menyusui dapat menyebabkan puting payudara kamu melepuh yang jadi salah satu penyebab luka pada puting. Bila kamu menemukan kulit melepuh yang berwarna kekuningan sampai mengeluarkan darah juga menyebabkan nyeri saat menyusui, maka segerakan untuk berkonsultasi pada dokter.

  • Vasopasm

Ketegangan pada ajaran darah di dalam payudara dapat menyebabkan payudara kamu jadi pucat juga nyeri saat menyusui. Setelah menyusui biasanya payudara kamu bakal kembali ke warnanya semula. Tetapi, kamu mesti tetap berkonsultasi pada dokter biar luka pada puting dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>